Kasih Sayang Umar Terhadap Burung

burung pipit yang dibebaskan umar bin khattab

Di tengah kesibukannya sebagai Amirul Mukminin, Umar bin Khattab tetap memiliki hati yang lembut dan penuh kasih sayang. Hal ini dibuktikan dengan kisahnya yang membeli seekor burung pipit dari seorang anak kecil dan melepaskannya kembali ke alam bebas.

Pada suatu hari Sahabat Umar bin Khotob pergi di kota Madinah. Tiba-tiba ia melihat anak kecil yang sedang menggenggam seekor burung pipit untuk bermain-main. Karena kasih sayang Sahabat Umar terhadap burung pipit tadi, maka burung itu langsung dibeli oleh Sahabat Umar dan dilepaskan.

Setelah Sahabat Umar wafat, mayoritas para Sahabat bermimpi berjumpa Sahabat Umar dan bertanya.

Sahabat : “Bagaimana Alloh SWT berbuat pada anda?”

Umar : “Alloh SWT mengampuni aku dan membebaskan siksaanku”.

Sahabat : “Apakah sebabnya?. Apa karena kedermawananmu, keadilanmu dan kezuhudanmu?”.

Umar : “Ketika para manusia meletakkan aku dalam kubur dan menimbun aku lalu mereka pulang, jadilah aku sendirian di dalam kubur. Maka datanglah dua malaikat masuk dalam kuburku. Akalku menjadi hilang dan anggota tubuhku gemetar ketakutan karena prabawa kedua malaikat itu. Keduanya lalu memegang tanganku dan mendudukkanku untuk menanyaiku. Kebetulan aku mendengar seruan Hatif (suara tanpa rupa) : “Wahai kedua Malaikat, tinggalkanlah seorang hambaku ini!. Tidak usah engkau tanya dan tidak usah engkau takut-takuti!. Sebab aku kasih sayang kepadanya dan aku bebaskan siksaan baginya, karena dia seorang yang kasih sayang kepada seekor burung pipit waktu di dunia. Maka di akhirat aku kasih sayang kepadanya”.

Kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya kasih sayang dan belas kasihan kepada makhluk hidup. Bahkan, tindakan kecil seperti melepaskan seekor burung pipit dari cengkeraman anak kecil pun dapat mendatangkan pahala dari Allah SWT.

Makna kisah

Kisah ini memiliki makna yang mendalam.

  1. kisah ini menunjukkan bahwa Umar bin Khattab adalah sosok yang memiliki hati yang lembut dan penuh kasih sayang. Ia tidak segan untuk menolong makhluk hidup yang membutuhkan, bahkan jika makhluk hidup itu hanya seekor burung kecil.
  2. kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya kasih sayang dan belas kasihan kepada makhluk hidup. Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang penyayang kepada makhluk hidup. Bahkan, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa orang yang penyayang kepada makhluk hidup.
  3. kisah ini mengingatkan kita bahwa tindakan kecil pun dapat mendatangkan pahala dari Allah SWT. Umar bin Khattab hanya membeli seekor burung pipit dan melepaskannya kembali ke alam bebas, namun tindakannya itu dapat mendatangkan ampunan dari Allah SWT.

Semoga kisah ini dapat menginspirasi kita untuk selalu bersikap penyayang dan berempati kepada makhluk hidup lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak