Tanda – Tanda di dalam Kitab Kuning

Kitab kuning merupakan kitab-kitab klasik berbahasa Arab yang menjadi rujukan utama bagi para santri di pesantren-pesantren di Indonesia. Kitab-kitab ini membahas berbagai macam ilmu keislaman, seperti fikih, ushul fikih, tafsir, hadis, dan lain-lain.

Salah satu ciri khas kitab kuning adalah penggunaan tanda-tanda i'rab untuk menunjukkan kedudukan kata dalam kalimat. Tanda-tanda ini sangat penting bagi para santri Pondok salaf untuk memahami makna dan susunan kalimat dalam kitab kuning.

Beberapa Tanda-tanda di dalam Kitab Kuning

MUBTADA'

MUBTADA' adalah isim yang dibaca rofa' yang sepi dari amil - amil lafdziyah.

KHOBAR

KHOBAR adalah isim yang dibaca rofa' yang disandarkan kepada mubtada'.

FA’IL AQIL

FA’IL AQIL adalah isim yang dirofa'kan oleh fi'il yang mabni ma'lum, dan berperan sebagai pelaku dari pekerjaan tersebut. Fail aqil ini meliputi ALLOH SWT, manusia, jin dan malaikat.

FA'IL GHOIRU AQIL

FA'IL GHOIRU AQIL adalah isim yang dirofa'kan oleh fi'il yang mabni ma'lum, dan berperan sebagai pelaku dari pekerjaan tersebut. Fail aqil ini meliputi hewan dan benda mati.

NAIBUL FA'IL

NAIBUL FA'IL adalah isim yang dirofa'kan oleh fi'il mabni majhul yang berfungsi sebagai pengganti dari fa'il yang telah dibuang. isim tersebut pada awalnya berperan sebagai maf'ul.

MAF'UL BIHI

MAF'UL BIHI adalah isim yang dibaca nasob, yang kejatuhan pekerjaannya dari fa'il.

MAF'UL MA'AH

MAF'UL MA'AH adalah isim yang dibaca nasob yang terletak setelah wawu untuk menjelaskan bahwa perbuatan sesuatu lain yang sedang berjalan itu, bersamaan dengan dia.

MAF'UL LIAJLIHI

MAF'UL LIAJLIHI adalah isim yang dibaca nasob yang disebutkan setelah adanya pekerjaan, sebagai alasan kenapa pekerjaan itu ada.

MAF’UL MUTHLAQ

MAF’UL MUTHLAQ adalah isim yang dinashobkan sebagai pengokohan (taukid lafzhi) terhadap amilnya atau menerangkan macamnya atau bilangannya.

DHOROF ZAMAN

DHOROF ZAMAN adalah isim yang mempunyai arti waktu yang dibaca nashob dengan memperkirakan huruf jer (فى).

DHOROF MAKAN

DHOROF MAKAN adalah isim yang mempunyai arti tempat yang dibaca nashob dengan memperkirakan huruf jer (فى).

NA'AT

NA'AT adalah Naat adalah Isim yg mengikuti Isim sebelumnya (man’ut) dalam hal tanda I’rabnya (bentuk marfu, manshub, majrurnya), serta bentuk isim marifah atau nakirahnya.

ISIM MAUSHUL

ISIM MAUSHUL (Kata Sambung) adalah Isim yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa kalimat atau pokok pikiran menjadi satu kalimat.

ATHAF BAYAN

ATHAF BAYAN adalah Isim Tabi’ yang berfungsi sebagai Idhah (penjelas) atau sebagai Takhshish (pengkhusus), berupa Isim Jamid tanpa takwil.

BADAL

BADAL adalah Isim Tabi’ yang dimaksudkan oleh penyebutan hukum dengan tanpa perantara huruf Athaf antara Badal dan Mubdal Minhunya.

HAAL

HAAL adalah isim yang dibaca nasab, yang menerangkan keadaan atau perilaku Fa’il atau Maf’ul bih ketika perbuatan itu terjadi, dan masing-masing fa’il dan maf’ul bih tersebut dinamakan Shohibul Haal.

TAMYIZ

TAMYIZ adalah isim yang menunjukkan makna Min, yang jelas serta Nakirah, dinashobkan sebagai Tamyiz oleh lafaz yg ditafsirinya.

Penutup

Tanda-tanda i'rab di dalam kitab kuning merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh para santri ponpes salafi. Dengan memahami tanda-tanda ini, para santri akan lebih mudah memahami makna dan susunan kalimat dalam kitab kuning.

8 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak